Luiz Temukan Posisi Terbaik di Bawah Conte

Sistem pertahanan Chelsea di bawah formasi baru semakin bagus dan itu karena faktor David Luiz.
Pengamat bola Jamie Redknapp mengatakan, ketika Chelsea kalah 0-3 saat melawan Arsenal, sang manajer, Antonio Conte berpikir ulang soal taktik. Hasilnya The Blues kini berada di posisi empat klasemen sementara Premier League.
Luiz kini bermain di lini pertahanan Chelsea yang memasang tiga bek. Ketika menang 2-0 melawan Southampton pada Minggu, Jamie Redknapp mengatakan, pemain Brasil itu telah berubah di bawah tangan Conte.
Ada rasa lapar (ingin mencetak gol) di tim Chelsea. Manajer membuat mereka seperti itu dan para pemain pun bersemangat mencetak gol, katanya.
Semua pemain bekerja keras dan ada semangat kuat untuk mencetak gol. Conte telah mengubah mereka. Setiap pemain tahu apa yang harus mereka lakukan ketika memegang bola dan juga sebaliknya, kata dia.
Luiz kelihatan telah menjadi seorang pemain bertahan yang sangat serius. Anda bisa melihat dia bermain dan itu persoalan yang dialami Chelsea selama bertahun-tahun.
Sejak pindah dari Paris Saint Germain (PSG), Luiz sudah bermain dalam delapan pertandingan bersama Chelsea, tetapi tidak juga menunjukkan performa terbaiknya. Ketika John Terry cedera usai menjamu Swansea pada November, posisinya digantikan Luiz.
Selama melawan Southampton, pengamat bola Sky Sports, Gary Neville mengatakan, Conte mengubah formasi dan akhirnya menemukan permainan terbaik dalam diri Luiz.
Neville menambahkan, perubahan mental pemain Chelsea juga terlihat dengan formasi baru tersebut. Tim Chelsea tidak akan membuat kesalahan lagi saat ini, mereka tidak menempatkan orang pada posisi yang salah, kata Neville.
Memainkan tiga bek tengah di lini pertahanan adalah formasi khas Italia. Conte menerapkannya saat menangani Juventus dan Timnas Italia. Dia mencoba membawa taktik ini ke Premier League dan terbukti efektif.
Dengan formasi baru ini, Chelsea kini bertengger di posisi keempat. Pasukan Conte hanya tertinggal satu poin oleh tiga tim teratas Manchester City, Arsenal, dan Liverpool yang sama-sama mengoleksi 20 poin.

Gusti Lesek/JAS
Sky Sports

mcwax.com istanaimpian Sumber: BeritaSatu